Dunia Pendidikan Kita, Refleksi Seorang Lulusan Terbaik

2 Mei, kita, bangsa Indonesia selalu memperingatinya sebagai hari pendidikan nasional. Tanggal tersebut merupakan hari kelahiran seorang tokoh perjuangan pendidikan di Indonesia, yaitu Ki Hajar Dewantara. Pada tahun 1922 beliau merintis berdirinya sebuah sekolah di bumi nusantara, yaitu Sekolah Kerakyatan, di Yogyakarta.
Bertahun-tahun telah terlewat, sekolah di masa penjajahan Belanda dulu merupakan tonggak dasar pencetak intelektual-intelektual yang berhasil memperjuangkan kemerdekaan negeri ini. Tak kurang dari tokoh pejuang kemerdekaan, seperti Soekarno yang bergelar insinyur, Hatta yang dikenal sebagai kutu buku, merupakan produk didikan institusi sekolah.
Lalu, bagaimana kondisi sekolah di negeri kita sekarang ini? 

masih mau terus sibuk mengeluh soal fasilitas?
Sudahkah ia menjadi "yang seharusnya", sebagai tempat mencetak generasi emas bangsa, atau sekedar institusi formal yang mencetak kertas bernama ijazah/sertifikat kelulusan. Sudahkah dengan sertifikat itu, sang murid sudah mampu hidup mandiri, menentukan kemana arah melangkah, dan berbudi pekerti layaknya seorang yang terpelajar?
Beberapa waktu, saat sedang mengobrol dengan teman-teman kelas, ada seorang teman yang membagikan sebuah tulisan yang sangat mengena buatku. Setelah ku cari-cari sumber aslinya, ternyata tulisan waktu itu adalah potongan sebuah pidato kelulusan dari seorang lulusan terbaik sebuah SMA di Amerika, di tahun 2010. Sudah lama, dan entah sudah berapa postingan yang me-repost-nya. Tapi entah sudah berapa kali repost pun, jika itu masih relevan dengan kondisi sekarang, kenapa tidak.
Sebuah refleksi, tentang dunia pendidikan, peran sekolah di Amerika, begitupun Indonesia yang mengekornya :


Here I Stand
-Erica Goldson-

        Ada sebuah kisah tentang seorang murid Zen yang masih muda tetapi sangat tekun, ia mendekati gurunya, dan bertanya pada Gurunya, "Jika saya bekerja sangat keras dan tekun, berapa lama waktu yang dibutuhkan bagi saya untuk menemukan Zen?" 
Sang guru memikirkan hal itu, kemudian menjawab , "Sepuluh tahun." 
 
Mahasiswa itu kemudian berkata, "Tapi bagaimana kalau saya bekerja sangat, sangat keras dan benar-benar menerapkan diri untuk belajar dengan cepat - Berapa lama jadinya? " 
Jawab Guru, "Nah, dua puluh tahun" 
"Tapi, jika saya benar-benar, benar-benar bekerja di satu hal itu (fokus), berapa lama itu?", tanya mahasiswa." 
"Tiga puluh tahun", jawab sang Guru.
"Tapi, saya tidak mengerti,", kata mahasiswa kecewa. "Pada setiap waktu itu saya mengatakan saya akan bekerja lebih keras , Anda mengatakan itu akan membawa saya lebih lama. Mengapa Anda berkata begitu? "
 
Jawab Guru," Bila Anda memiliki satu mata pada tujuan, Anda hanya memiliki satu mata di jalan."
        Ini adalah dilema yang saya hadapi dalam sistem pendidikan Amerika. Kami sangat terfokus pada tujuan, apakah itu lulus tes, atau lulus sebagai peringkat pertama di kelas. Namun, dengan cara ini, kita tidak benar-benar belajar. Kami melakukan apa pun untuk mencapai tujuan asli kami.
        Beberapa dari Anda mungkin berpikir, "Nah, jika Anda lulus ujian, atau menjadi pembaca pidato perpisahan, kau tidak belajar sesuatu? Well, ya, Anda belajar sesuatu, tetapi tidak semua yang Anda bisa dapat. Mungkin, Anda hanya belajar bagaimana untuk menghafal nama, tempat, dan tanggal untuk kemudian lupa untuk membersihkan pikiran Anda untuk tes berikutnya. School is not all that it can be. Sekarang, itu adalah tempat bagi kebanyakan orang untuk menentukan bahwa tujuan mereka adalah untuk keluar secepat mungkin.
        Saya sekarang mencapai tujuan tersebut. Saya lulus. Saya harus melihat ini sebagai pengalaman positif, terutama berada di bagian atas kelas saya. Namun, dalam retrospeksi, saya tidak bisa mengatakan bahwa saya lebih cerdas/pintar daripada rekan-rekan saya. Saya bisa membuktikan bahwa saya hanya yang terbaik dalam melakukan apa yang diperintahkan dan bekerja sesuai dengan sistem. Namun, di sini saya berdiri, dan saya seharusnya bangga bahwa saya telah menyelesaikan periode indoktrinasi ini. Saya akan pergi di musim gugur ini untuk melanjutkan ke tahap berikutnya yang diharapkan dari saya, dengan menerima sebuah dokumen kertas yang menyatakan bahwa saya mampu bekerja. 
         Tapi saya adalah seorang manusia, seorang pemikir, seorang petualang - bukan pekerja. Seorang pekerja adalah seseorang yang terjebak dalam pengulangan - budak dari sistem yang mengatur di hadapannya. Tapi sekarang, saya telah berhasil menunjukkan bahwa saya adalah budak terbaik. Saya melakukan apa yang diperintahkan secara sempurna. Sementara yang lain duduk di kelas dan mencoret-coret untuk kemudian menjadi seniman besar, saya duduk di kelas untuk mencatat dan meraih nilai ujian terbaik. Sementara yang lain akan datang ke kelas tanpa mengerjakan PR mereka, karena mereka sibuk membaca tentang apa-apa yang mereka minati, aku tidak pernah melewatkan sebuah tugas pun. Sementara yang lain sedang menciptakan musik dan menulis lirik, saya memutuskan untuk mengambil kredit (SKS) tambahan, meskipun saya tidak membutuhkannya. 
Jadi, saya bertanya-tanya, kenapa saya bahkan menginginkan posisi ini? Tentu, saya mendapatkannya, tetapi apa yang akan datang itu? Ketika saya meninggalkan institusionalisme pendidikan, apakah saya akan berhasil atau selamanya hilang? Saya tidak memiliki petunjuk tentang apa yang ingin saya lakukan dengan hidup saya, saya tidak punya kepentingan karena saya melihat setiap subjek penelitian sebagai pekerjaan, dan saya unggul di setiap subjek hanya untuk tujuan unggul, tidak belajar. Dan terus terang, sekarang saya takut. .....
        John Taylor Gatto, mantan guru dan aktivis kritis wajib belajar, menegaskan, "Kita dapat mendorong kualitas terbaik dari masa muda - rasa ingin tahu, petualangan, ketahanan, kemampuan untuk wawasan mengejutkan hanya dengan menjadi lebih fleksibel tentang waktu, teks, dan tes , dengan memperkenalkan anak-anak ke orang dewasa yang benar-benar kompeten, dan dengan memberikan setiap siswa kebebasan memilih yang dia butuhkan untuk mengambil setiap resiko untuk saat ini dan kemudian. Tapi kita tidak melakukan itu." Antara bangunan dinding ini, kita semua diharapkan untuk menjadi sama. Kami dilatih untuk hasil sempurna pada setiap tes standar, dan mereka yang menyimpang dan melihat cahaya melalui lensa yang berbeda tidak berharga dengan skema pendidikan publik, dan karena itu dilihat dengan merendahkan.
        HL Mencken menulis dalam The Mercury Amerika untuk April 1924 bahwa tujuan pendidikan publik tidak untuk mengisi golongan muda dari spesies dengan pengetahuan dan membangkitkan kecerdasan mereka.... Tidak ada yang bisa jauh dari kebenaran. Tujuannya ... hanya untuk mengurangi banyak individu mungkin ke tingkat yang aman yang sama, untuk berkembang biak dan melatih warga standar, untuk meletakkan perbedaan pendapat dan orisinalitas. Itulah tujuannya di Amerika Serikat. (Gatto)
        Untuk menggambarkan ide ini, tidak itu mengusik Anda untuk belajar tentang ide "berpikir kritis." Apakah benar ada hal seperti itu sebagai "tidak kritis berpikir?" Untuk berpikir adalah untuk memproses informasi dalam rangka untuk membentuk opini. Tetapi jika kita tidak kritis ketika memproses informasi ini, kita benar-benar berpikir? Atau kita tanpa berpikir menerima pendapat lain sebagai kebenaran?
Ini terjadi padaku, dan jika bukan karena kejadian langka dari guru bahasa Inggris saya di kelas 10, Donna Bryan, yang memungkinkan saya untuk membuka pikiran saya dan mengajukan pertanyaan sebelum menerima doktrin buku, saya pasti sudah hancur. Saya sekarang tercerahkan, tapi pikiran saya masih terasa dinonaktifkan. Saya harus melatih diri sendiri dan selalu ingat betapa gila tempat ini seolah-olah benar-benar waras.
        Dan sekarang di sinilah saya di dunia yang dipandu oleh rasa takut, yang menekan keunikan dunia yang terletak di dalam kita masing-masing, sebuah dunia di mana kita bisa baik menyetujui untuk omong kosong manusiawi korporatisme dan materialisme atau bersikeras pada perubahan. Kami tidak dimeriahkan oleh sistem pendidikan yang sembunyi-sembunyi membuat kami untuk pekerjaan yang bisa otomatis, untuk pekerjaan yang tidak perlu dilakukan, karena perbudakan tanpa kesungguhan untuk pencapaian yang berarti. Kami tidak punya pilihan dalam hidup ketika uang menjadi kekuatan utama motivasi kami. Kekuatan motivasi kami seharusnya gairah, tapi ini hilang dari saat kita melangkah ke sistem yang melatih kita, daripada menginspirasi kita.
        Kami lebih dari rak buku robot, dikondisikan untuk menyemburkan fakta yang diajarkan di sekolah. Kami semua sangat khusus, setiap manusia di planet ini begitu istimewa, jadi kenapa kita semua tidak berusaha menjadi lebih baik?, menggunakan pikiran kita untuk inovasi, daripada menghafal, untuk kreativitas, daripada kegiatan sia-sia, untuk perenungan daripada stagnasi? Kita tidak di sini untuk mendapatkan gelar, untuk kemudian mendapatkan pekerjaan, sehingga kita bisa consume industry-approved placation after placation. Akan tetapi, ada sesuatu yang lebih.
        Bagian yang paling menyedihkan adalah bahwa sebagian besar siswa tidak memiliki kesempatan untuk merefleksikan seperti yang saya lakukan. Mayoritas siswa yang dimasukkan melalui teknik cuci otak yang sama dalam rangka menciptakan angkatan kerja yang puas bekerja untuk kepentingan perusahaan besar dan pemerintah rahasia, dan terburuk dari semua, mereka benar-benar tidak mempedulikannya. Saya tidak akan pernah bisa untuk mengembalikan masa 18 tahun ini. Saya tidak bisa lari ke negara lain dengan sistem pendidikan yang dimaksudkan untuk mencerahkan daripada yang ada di sini. Ini bagian dari hidup saya yang sudah berlalu, dan saya ingin memastikan bahwa tidak ada anak lain akan memiliki potensi dirinya ditekan oleh kekuatan dimaksudkan untuk mengeksploitasi dan mengendalikan. Kita adalah manusia. Kami adalah pemikir, pemimpi, penjelajah, seniman, penulis, insinyur. Kami adalah apa pun yang kita ingin menjadi - tetapi hanya jika kita memiliki sistem pendidikan yang mendukung kita daripada memegang kita. Sebuah pohon dapat tumbuh, tetapi hanya jika akarnya diberi landasan yang sehat.
        Bagi Anda di luar sana yang harus terus duduk di meja dan menyerah kepada ideologi otoriter instruktur, jangan berkecil hati. Anda masih memiliki kesempatan untuk berdiri, mengajukan pertanyaan, bersikap kritis, dan menciptakan perspektif Anda sendiri. Menuntut pengaturan yang akan menyediakan Anda dengan kemampuan intelektual yang memungkinkan Anda untuk memperluas pikiran Anda, bukan mengarahkan. Menuntut bahwa Anda tertarik di kelas. Menuntut alasan, "Kamu harus belajar untuk ujian ini" tidak cukup baik untuk Anda. Pendidikan adalah alat yang sangat baik, jika digunakan dengan benar, tetapi lebih fokus pada belajar daripada mendapatkan nilai bagus.
        Bagi Anda yang bekerja dalam sistem yang saya protes, saya tidak bermaksud untuk menghina, saya berniat untuk memotivasi. Anda memiliki kekuatan untuk mengubah buruknya kompetensi dari sistem ini. Saya tahu bahwa Anda tidak menjadi guru atau administrator untuk melihat siswa Anda bosan. Anda tidak dapat menerima kewenangan badan pemerintah yang memberitahu Anda apa yang harus diajarkan, bagaimana mengajarkannya, dan bahwa Anda akan dihukum jika Anda tidak mematuhi. Potensi kita yang dipertaruhkan.
        Bagi Anda yang sekarang meninggalkan pendirian ini, saya katakan, jangan lupa apa yang terjadi di dalam kelas tersebut. Jangan meninggalkan orang-orang yang datang setelah Anda. Kami adalah masa depan yang baru dan kami tidak akan membiarkan tradisi berdiri. Kami akan memecah dinding korupsi untuk membiarkan sebuah taman pengetahuan tumbuh di seluruh Amerika. Setelah dididik dengan benar, kita akan memiliki kekuatan untuk melakukan apa-apa, dan terbaik dari semua, kita hanya akan menggunakan kekuatan itu untuk kebaikan, karena kita akan dibudidayakan dan bijaksana. Kami tidak akan menerima apapun pada nilai nominal. Kami akan mengajukan pertanyaan, dan kami akan menuntut kebenaran.
        Jadi, di sini saya berdiri. Saya tidak berdiri di sini sebagai pembaca pidato perpisahan sendiri. Saya dibentuk oleh lingkungan saya, dengan semua rekan-rekan saya yang duduk di sini menonton saya. Saya tidak bisa di sini tanpa kalian semua. Itu semua yang benar-benar membuat saya menjadi diri saya hari ini. It was all of you who were my competition, yet my backbone. Dengan cara itu, kita semua valedictorians.
        Saya sekarang harus mengucapkan selamat tinggal kepada lembaga ini, mereka yang mempertahankan itu, dan orang-orang yang berdiri dengan saya dan di belakang saya, tapi saya harap perpisahan ini lebih dari "nanti" ketika kita semua bekerja sama untuk membesarkan suatu gerakan pendidikan. Tapi pertama-tama, mari kita pergi mendapatkan potongan-potongan kertas yang memberitahu kita bahwa kita cukup pintar untuk melakukannya!
"Lulus dengan pujian akan memberikan banyak keuntungan ketika mengajukan permohonan gelar doktor, karena itu merupakan demonstrasi yang jelas dari kemampuan Anda sebagai mahasiswa dan profesional."


Pidato ini diucapkan oleh Erica Goldson, pelajar di Coxsackie-Athens High School, New York, pada upacara kelulusan sekolahnya (SMA), tahun 2010.
Mohon maaf atas kekacauan terjemahan, hanya mengandalkan google translate dengan sedikit editan, dan ada kalimat yang tetap saya tulis aslinya karena takut meleset dalam menyampaikan.
Untuk link naskah asli dari blog Erica-nya sendiri : Erica's speech
Siapakah Erica Goldson ? tentang Erica



valedictorian : A student, typically having the highest academic achievements of the class, who delivers the valedictory at a graduation ceremony.(Seorang murid, biasanya memiliki prestasi akademik tertinggi dari kelas, yang memberikan pidato perpisahan pada upacara wisuda)

....
Saya sendiri, telah lulus dari bangku SMA lebih dulu darinya, tepatnya di tahun 2005. Ketika lulus SMA, nilai di rapor dan ijazah saya tidak ada yang mengecewakan. Tapi dengan itu semua, saya belum bisa menghadapi hidup yang sebenarnya. Saya takut, saya tidak punya kemampuan berkomunikasi dengan dunia luar, dengan komunitas, kemampuan bertahan dan berkreasi.

Saya membagi ini di sini, bukan untuk menyalahkan sistem pendidikan yang ada, tapi lebih mengharapkan adanya pencerahan bagi yang ingin berpikir, terutama bagi mereka yang masih muda. Karena perubahan, bukan datang dari sistem, bukan dari pemerintah, tapi dari dalam pribadi masing-masing. Bebas, bukan untuk menjadi semaunya, dalam artian menyepelekan apa yang sekolah ajarkan, tapi untuk membebaskan pikiran, membuka diri pada dunia.

Sedikit pendapat saya soal Kualitas sebuah sekolah :
Sekolah Berkualitas, Bukan Soal Fasilitas
Yang butuh informasi tempat kuliah gratis, beasiswa, dan yang Ikatan Dinas : 
Info Kuliah Gratis



Comments