sederhana, tapi terlupakan (1)

AWAS, JANGAN SEMBARANG BUKA BAJU

bismillah, sedikit berbagi dari yang disampaikan ustadz dalam tasqif di masjid An Nashr tadi pagi, yang sebenarnya membahas mengenai pernikahan,.. tapi disini aku bukannya mau ngomongin soal pernikahan, dari judul postinganku aja udah ada kata "sederhana", kalo pernikahan mah, jelas bukan persoalan yang sederhana :D.

Yang mau kubagi disini, sekaligus yang pastinya sebagai pengingat buatku sendiri adalah mengenai adab keseharian muslim.
Islam itu sungguh indah, sebuah ungkapan yang standar,.. standar dan terdengar "membosankan" kalo bisa dibilang,.. dan biasanya akan terlewat dari pikiran kita meski suaranya masuk ke telinga kita atau tulisannya jelas terbaca. Tapi yang standar itu adalah BENAR, Jadi ya mari kita resapi dan YAKINI DALAM HATI KITA...
Sekian ngemeng-ngemeng dari saya, tsah..




langsung saja, dari ustadz tadi pagi, beliau dalam ceramahnya yang begitu panjang soal pernikahan juga sempat menyinggung soal adab dalam melepas baju. Kenapa sih gt aja diatur-atur? emang kita mau bikin video atau foto porno??!! jadi harus dengan ekspresi yang sesuai SOP gitu?... 


jelas bukan lah sob




ehm,.. jadi gini, berhubung saya gugling dasar hukum dari apa yang ustadz katakan tadi belum ketemu ya langsung saja saya karang ceritanya :d.
semua tau kan setan itu makhluk ghaib yang ngga terlihat, dan mereka bisa ada dimana saja. Nah, sekarang bayangkan,
hampir pasti mereka juga ada di kamar kita kan? di kamar mandi.. dimana saja... Bayangkan saat kita melepas pakaian kita,...hiiiii, seremmmmmm...
berapa banyak setan-setan yang melihat kita?? berapa banyak hal yang bisa mereka perbuat tanpa kita tau??
gimana klo kita dicolek-colek??

Nah, makanya itu Rasululloh saw. yang mulia mengajarkan kita adabnya, agar setan-setan yang ada disekeliling kita InsyaAlloh tidak bisa melihat aurat kita. Subhanalloh, Maha Mulia Alloh Yang Maha Bijaksana.

Doanya ternyata SANGAT SIMPLE, yaitu :


بِسْمِ اللهِ الَّذِيْ لاَ إِلهَ إِلاَّ هُوَ
.
Bismillahil lazi la ilaha illa huwa  
Artinya: “Dengan nama Allah Yang tiada Tuhan selain Dia.”
Hikss,.. 23 tahun sudah aku ditelanjangi para setan, astaghfirulloh,..untuk doa yang sependek itu pun aku melalaikannya. betapa aku jauh dari sunnah Rasululloh saw. Sahahat, mungkin cuman saya yang melupakan sunnah ini, tapi semoga tak sia-sia aku menuliskannya agar jika ternyata ada juga yang masih sepertiku bisa mengetahui.

sebagai tambahan, karena kita ngga mungkin juga kan cuman melepas baju doang, dan terus telanjang .... walau setan ngga liat, manusia kemana-mana juga bakal bisa ngelihat walau kita berdoa ampe 1001 kali pun :p.

1. Do’a Memakai Baju/Pakaian
Kaum muslimin, rahimakumullaah. Hendaklah setiap kali kita memakai baju, baik gamis, baju koko, jaket, kaos ataupun jenis baju lainnya, kita membaca:
الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ كَسَانِيْ هَذَا (الثَّوْبَ) وَرَزَقَنِيْهِ مِنْ غَيْرِ حَوْلٍ مِنِّيْ وَلاَ قُوَّةٍ
“Segala puji bagi Allah yang telah memakaikan kepadaku pakaian ini dan yang telah memberikan rizki pakaian ini kepadaku tanpa ada daya dan kekuatan dariku.” (HR. Abu Dawud, At-Tirmidziy dan Ibnu Majah, lihat Irwaa`ul Ghaliil 7/47).
Nah, kalo baju baru, lain lagi,.. ciyeee baju baru #apasih

2. Do’a Memakai Baju Baru
Ketika kita memakai baju/pakaian yang baru maka disunnahkan untuk membaca:
اللَّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ كَسَوْتَنِيْهِ، أَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِهِ وَخَيْرِ مَا صُنِعَ لَهُ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهِ وَشَرِّ مَا صُنِعَ لَهُ
“Ya Allah, segala puji hanya untuk-Mu. Engkau telah memakaikan pakaian ini kepadaku. Aku meminta kepada-Mu akan kebaikannya dan kebaikan yang dibuat untuknya. Dan aku berlindung kepada-Mu dari kejelekannya dan kejelekan yang dibuat untuknya.” (HR. Abu Dawud, At-Tirmidziy dan Al-Baghawiy, lihat Mukhtashar Syamaa`il At-Tirmidziy karya Asy-Syaikh Al-Albaniy hal.47)
Kita meminta kepada Allah kebaikan pakaian dikarenakan pakaian itu bisa digunakan sebagai sarana untuk beribadah kepada-Nya. Sebaliknya kita meminta perlindungan dari kejelekannya karena pakaian itu bisa menjadi sebab berbuat durhaka kepada-Nya seperti adanya perasaan ‘ujub, sombong dan sejenisnya.
Subhanalloh, betapa mulianya Islam ini.

Gimana kalo kita ngga punya baju baru, tapi liat kawan kita pake baju baru?
ada juga panduannya doanya
3. Mendo’akan Orang yang Memakai Baju Baru
Apabila kita melihat orang lain, saudara ataupun teman kita memakai baju baru, maka disunnahkan bagi kita untuk mendo’akannya. Adapun do’anya adalah:
تُبْلِي وَيُخْلِفُ اللهُ تَعَالَى
“Semoga berumur panjang, dipakai sampai usang dan diganti dengan yang lebih baik oleh Allah Ta’ala.” (HR. Abu Dawud 4/41, lihat Shahih Abu Dawud 2/760)
Atau membaca:
اِلْبَسْ جَدِيْدًا، وَعِشْ حَمِيْدًا، وَمُتْ شَهِيْدًا
“Pakailah (pakaian) yang baru, hiduplah dengan terpuji, dan matilah sebagai orang yang syahid.” (HR. Ibnu Majah 2/1178 dan Al-Baghawiy 12/41, lihat Shahih Ibnu Majah 2/275)
Tiada kata selain, Islam sungguh Agama yang mulia, subhanalloh. Indahnya dunia jika sunnah ini dilaksanakan seluruh umat Islam. Melihat saudaranya memakai pakain baju saja, sebegitu mulia doanya,.. subhanalloh. Jadi ga bisa bercanda lagi (-__-")


Biar sekalian lengkap, doa saat melepas baju yang jauuuuuh lebih simple dan insyaAlloh shahih

4. Do’a ketika Melepas Baju
Apabila kita melepas baju/pakaian, hendaklah kita membaca:
بِسْمِ اللهِ
“Dengan nama Allah.” (HR. At-Tirmidziy 2/505 dan lainnya, lihat Irwaa`ul Ghaliil no.49 dan Shahiihul Jaami’ 3/203)
sumber : klik

satu lagi :
“Sesungguhnya pertama kali hilangnya agama (Islam) adalah dengan ditinggalkannya sunnah. Agama ini akan hilang sesunnah demi sesunnah sebagaimana lepasnya tali seutas demi seutas.”
 (Abdullah Ad-Dailamiy) 

Comments