fitur & biaya transaksi di ATM

bismillah,.. smOga gw bisa menuliskan hal yg berguna juga. Berhubung gw sering ditanyain temen2 soal transaksi di ATM, settingan internet di Hape, cara ngaktifin 3G, virus hp dll. Makanya gw coba himpunin inpoh yg gw usahain kumplit disini aja dah (kali aja ada yg ngga sengaja baca),... Disini gw coba inpoin soal transaksi ATM,..emg msh ada yg ngga tau?? kali aja kan ;P
Biasanya sih yg pada nanya, bisa ngga transfer dari Bank A ke Bank B?? berapa biaya?? gimana caranya??

karena rekening gw anggota keluarga besar atm bersama ("be-er-i", "syariah mandiri", sama "mu'amalat/sharE" jadi yg gw tau ya sebatas itu aja kali yak, he9

1. transfer lewat ATM
 >> satu bank : kayaknya semua pasti bisa,
        Note : berita gembira buat BRIers, skrg bisa juga transfer ke jenis tabungan laen kecuali BRItama kyak ke Simpedes gitu (udh lama kali yak, tp gw baru mastiin tadi, nanya langsung ke teller, ho9), jadi Simpedes udah goes online ... tapi buat yg no. rekeningnya 15 digit gitu katanya, klo yg 8 digit masih offline,..he5. Wah, yang masih rekening lama bisa ngga ya minta upgrade ??, silakan di cek ke BRI "kampoeng" terdekat, he9

>> antar bank
sesama anggota "jaringan" ATM Bersama



CARA TRANSFER ANTAR BANK di ATM :


1. Di menu utama ATM, pilih menu : “TRANSFER“

2. Pilih menu : ”KE REKENING BANK LAIN”

3. Ketikkan : Kode Bank Tujuan diikuti Nomor Rekening Tujuan.
Untuk mengetahui Kode Bank pilih ”DAFTAR KODE BANK” , tinggal di cari aja dg sabar (cz banyak banget),
kalo mau daftarnya
daftar kode Bank anggota ATM Bersama
Untuk kembali ke layar sebelumnya pilih ”MENU ENTRY”

4. Ketikkan nominal transfer

5. Di layar berikutnya tampil permintaan nomor referensi, yang dapat dikosongkan dengan memilih “BENAR” . (ini dulu yang sempet bikin gw bingung, ampe torak tarik kartu berapa kali itu yak, waktu mw transfer ke rekening Mandiri, he9..wong ndeso)

6. Lakukan konfirmasi transaksi transfer setelah Nomor Rekening dan Nama Pemilik rekening tujuan muncul di layar ,.. (inget nih, siapa tau salah entry !!!)


>> bukan ATM Bersama,
bisa aja kok,.. mungkin jaringan Alto, Prima ato lainnya,... tinggal di cek daftar Banknya, kayak yg di atas, okey??

2. Biaya Transaksi
 ini nih yg gw sendiri belum tau n ngga terlalu ngeributin selama masih bisa, tapi kadang di bikin bingung ama orang yang ngasih keterangan versi masing2, (yg kurang valid) ..ho9.
 Yang udah gw coba sih,
ATM BRI , klo tarik tunai di ATM lain, fee : 5k
                       klo transfer ke Bank lain, waktu ke BCA kena 5k, ke Mandiri kena 5k, ke Share 5k juga,.. berarti emg 5k kali yak,...
Quote : gw mau nyariin inpoh dari website-na BRI ternyata jelek bgt, gtw ini inet gw yg error apa emg web.nya yg kurang keren yak??
             buat BRI, batasnya sekali Klik cmn 1 juta, ngga bisa lebih kayaknya. Jadinya mahal !!!, kemarin mau transfer ke BCA 5,2 juta aja hrus 6X transaksi, per transaksi kartu langsung keluar, capek deh, mana biayanya juga jadi lbh mahal berapa kali lipet itu,..huhu !!!

ATM sharE, klo tarik tunai di mesin ATM Bersama : 0k (gratis), tapi anehnya klo cek saldo malah bayar
                    klo transfer?? belon tau yak berapa biayanya,.cz belum pernah liat rekap di bukunya (emg ngga ada buku sih,..he9)

,.... klo ada inpoh baru gw update yak,..sabar yah

Comments