Ponari oh Ponari, (an old articel)




Ponari, sebuah tamparan bagi dunia kedokteran dan pendidikan di Indonesia

Berita yang masih terus gw denger akhir2 ini berkutat di seputar ramainya orang yg berbondong2 mendatangi seorang bocah (baru 9 tahun). Why? lantaran dipercaya mampu nyembuhin berbagai macam penyakit,.. tau gimana caranya?? hanya dengan nyelupin sebuah batu yang dia temuin ke air, terus dipake deh air itu buat nyenbuhin tuh penyakit orang2. Wallahu a'lam. Loh gimana ceritanya?? Gini, menurut kabar yang beredar (yang gw denger), tuh bocah yang bernama Ponari suatu hari HAMPIR kesambet eh kesamber petir, nah habis itu tuh dia nemuin sebuah batu,.. Entah gimana hubungannya batu itu, pokokna ceritana lagi setelah itu, si adik Ponari yang lagi sakit muntaber sembuh dari sakitnya, katanya lantaran di obatin ma si Ponari dengan batu yang dia temuin ato gimana gitu lah??? Nah, setelah itu menyebarlah berita tentang kesuksesan sang Ponari nyembuhin si adik yang lagi muntaber itu ke telinga penduduk yang lagi pada sakit tentunya ;P, sukses lagi , lagi dan lagi,......mungkin gitu kali yah. Pokokna mpe akhirnya waktu itu ngeliat berita di Tipi tiap hari orang2 sakit yang pada ngantri mpe puluhan ribu orang, dan innalillah, pada tanggal berapa kemaren itu akhirnya ada korban jiwa mpe 4 orang. Mati gara2 kegencet pas lagi ngantre. Walhasil Polisi pun menutup t4 tersebut buat umum.. Just a few days. Akhirnya Polisi membuka lagi (mengijinkan) orang2 yang pada sakit itu buat dateng, eeee...., subhanallah masih diserbu juga. bahkan, bapak si Ponari mpe masuk rumah sakit, entah karena apa. Si Ponari pun klo gw liat di Tipi kayakna mpe bener2 kelelahan gitu, masyaAllah, teganya mereka. Wah, betapa sakitnya masyarakat kita ini ya??
Hebohnya lagi, setelah beberapa saat. Ada lagi anak ajaib yang muncul, kali ini seorang gadis(14 tahun) pula, dengan batu pula...nyembuhin orang sakit pula, di serbu orang2 sakit pula, katanya pula batu itu kembarannya batu si Ponari ato gimana gitu deh. MasyaAllah, ngga berhenti disitu aja ternyata, masih ada lagi orng lain, kali ini seorang wanita yang pas gw liat tadi udah agak tua kayakna, tapi masih dengan batu pula, ....nah yang ini agak beda, ntu batu katanya bisa bicara chuy,...ckckckckkckkkk. Orang2 sakit yang ngantre gimana?? kagak kalah banyak donk, he3.

Indikator apakah ini sodara sodara??
1. Sindiran bagi dunia medis (kedokteran)
masyarakat kita telah putus asa,.. dari sudut pandang akal dan penalaran. Gw ngga nyalahin sepenuhnya orang2 yang pada dateng buat berobat itu, walopun emg kagak masup akal sama sekali. Why?? diantara mereka, atau mungkin sebagian besar dari mereka telah berputus asa dengan pengobatan secara medis (yang konon katanya amatlah mahal=). Gimana coba, udah bayar mahal mahal, eh kagak sembuh2 .. Ato kasus lain, bahkan emg ngga mampu buat sekedar beli obat, apalagi buat sentuhan dingin tangan dokter ato beberapa pertanyaan yang terkadang bikin gw mikir, "dia itu dokter apa cuman penjual obat sih?" (maap, maap buat para dokter, ....). Dateng ke rumah sakit (umum)?? pagi? "maap dokterna belum datang (masih di rumah ato poliklinik pribadi)".... siang? "waduh, barussaannnn aja dokterna pergi Pak=(". Apalagi sore ?? Tanya kenapa??
So, alasan mereka apa?? "Apa salahnya mencoba, orang kan harus berusaha". Iya kan? daripada bunuh diri lantaran putus asa, oke..oke. Ya sudah lah, toh emng keadaan sekarang serba sulit. Apalagi di tambah krisis global. Loh apa hubungannya yah??
Inilah tantangan buat para dokter, juga anak2 yang bercita2 menjadi dokter. Apa sih niat Anda menjadi dokter? mengobati orang2 sakit kah, meningkatkan kesadaran hidup sehat di masyarakat,.. We believe u!!!
Tapi, klo dari sudut pandang agama?? klo keprcayaan mereka kesembuhan itu datengna dari batu ajaib ato dari si orangnya,.. Gw setuju ma ceramahna Pak ustadz dari MUI Jombang tadi. Gw liat tadi, Bapak ustadz mpe terjun langsung ke lapangan, memberikan pengarahan di tengah2 antrian orang2 sakit itu (gw salud=). Ngga ada sebutan selain "SYIRIK", sebuah dosa yang tak terampuni, astghfirullah. Mari luruskan akidah kita sodara-sodara, darimana kita berasal?? kemana kita akan kembali?? Siapa Yang Maha Menentukan?? Buat apa kita hidup??

2. Sindiran bagi dunia pendidikan
Apa saja yang di ajarkan di sekolah2 kita? Gw masih inget waktu kecil dulu ada istilahnya imtaq dan iptek klo ngga salah sih. Itu seharusnya arah pendidikan kita, menciptakan manusia-manusia yang unggul dalam imtaq (keimanan dan ketaqwaan), yang sudah tentu pula disini tercakup masalah moral dan juga akhlak. Jadi, klo orang berpendidikan seharusnya otomatis menjadi pribadi yang santun, berbudi pekerti luhur, dan juga ahli surga tentunya, aamiin.
Selain itu pula, masih ada lagi keunggulan IPTEK (ilmu pengetahuan dan teknologi). Maksudnya? menurut gw sih, singkatnya menjadi orang yang bisa diandalkan di bidang pekerjaan yang digelutinya a.k.a. "Profesional". Kayak pesen Bu Sri Mulyani yang masih gw inget, "qta (Depkeu) emg butuh orang2 yang ju2r, tapi itu aja ngga cukup, karena udah banyak ustadz2 disini,..yang qta butuhin adalah orang2 profesional (tentunya yang amanah dan jujur)". Masih menurut gw lagi, buat jadi orang yang "unggul IPTEK", ngga harus tuh jadi orang yang mahir soal Teknologi yang digembar-gemborin sekarang, komputer misalnya,..(bukan maksud gw ngebela diri nih ;P, he3). Buktinya, banyak tuh pengusaha sukses yang kagak ngerti komputer. Jadi qta ngga usah latah ma perkembangan teknologi,klo toh qta ngga perlu, jalanin aja profesi qta masing2,.. eh jadi ngelantur.
Gini loh, intinya menurut gw klo orang yang berpendidikan itu udah seharusnya bisa berpikir LOGIS n RASIONAL, udah gitu ajah. Kembali ke Ponari,..dari yang gw denger dari seorang pegawai di kantor, di antara antrian yang dateng ke Ponari itu katanya ada juga yang cuman bawa KTP si pasien lantaran orangnya ngga sanggup buat dateng. Jadi KTP itu dicelupin deh ke air yang udah dibatuin ma Ponari, he33...jadi inget Doraemon minggu lalu (tgl15feb), jadi Yang dirasain oleh foto si Nobita bakal dirasain pula oleh si Nobita. Ada pula yang mpe berebut air comberan?? MasyaAllah....Waduh, klo gitu siapa yang sakit tuh?? SO? ngeliat fenomena2 yang ada, sudah tercapaikah tjuan pendidkan qta? ato at least sudah benarkah arah pendidikan qta saat ini?

NB: klo udah gini ceritanya, kayakna ide Kak Seto buat nyalurin air yang dibatuin Ponari (dicelupin batu maksudnya) jadi kayak semacam PAM boleh juga tuh dicoba, daripada kasian ngeliat si Ponarinya, capek akli bo'. Lagian juga, Kapan dia bisa sekolah klo tiap hari orang bejibu gitu.... Nah, klo modalnya gede sekalian tuh di kasih merk,...kayak yang gw baca dulu, ada yang usul nama QUANARI, keren kan??? lebih keren lagi PONARY SWEAT kali yah???

nih gw tulis February 2009,..wkwkwkwk,....telat banget ;P

Comments